Gangguan Pernafasan Yang Mengganggu

Salah satu masalah kesehatan yang banyak menyerang sistem pernafasan manusia adalah penyakit bronkitis. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi pada pipa bronchial. Pipa pernafasan yang satu ini memiliki fungsi untuk menyalurkan udara menuju ke organ jantung manusia. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka tidak heran apabila ada gangguan kesehatan pada pipa bronchial, seseorang harus segera melakukan tindakan pengobatan agar peradangan tersebut tidak bertambah parah. Ada beberapa penyebab penyakit pernafasan yang satu ini namun kebiasaan merokok adalah salah satu penyebab utama yang banyak disalahkan. Adapun penyebab selain kebiasaan merokok adalah iritasi paru – paru, terkena polutan, terkena infeksi saluran pernafasan, hingga menurunnya imunitas tubuh. Gejala penyakit bronkitis ini diantaranya adalah batuk – batuk yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah minum obat pereda batuk, keluar lendir yang kadang berwarna bening, putih, atau kuning kehijauan seperti dahak, nafas mudah sesak, rasa sakit di bagian dada, dan lain sebagainya.

Bronchitis

Penanganan Penyakit Bronkitis Dengan Metode Herbal Alami

Beberapa pengobatan herbal yang ampuh untuk mengatasi maslah paru – paru basah diantaranya adalah:

  • Kulit Manggis

dalam kulit manggis mengandung senyawa antioksidan alami yang sangat kuat bernama xanthone yang bisa menangkal infeksi virus, bakteri, dan radikal bebas. Kulit manggis juga mengandung senyawa anti inflamasi yang sangat kuat sehingga bisa membantu meredakan gejala peradangan saluran pernafasan. Cara pengobatan dengan kulit manggis adalah dengan menyeduh beberapa gram kulit manggis kering dengan air panas. Tunggu hingga air berubah warna dan minum ramuan ini 3 kali setiap hari.

  • Daun Patikan Kebo, Pegagan, Bidara Upas, Dan Rimpang Kunyit

Ramuan tradisional selanjutnya yang terbukti ampuh mengatasi bronkitis adalah ramuan dengan empat bahan herbal. Cara membuatnya sangat mudah. Kupas rimpang kunyit kemudian iris kecil – kecil. Rebus irisan kunyit tersebut bersama dengan daun patikan kebo segenggam, daun pegagan satu genggam, dan bidara upas berukuran satu jari tangan. Biarkan mendidih hingga air tersisa setengahnya saja. Dinginkan dan minumlah ramuan tradisional ini sebanyak setengah gelas 3 kali sehari. Biasanya kesembuhan akan nampak setelah mengkonsumsi obat ini selama 2 minggu.