Bau Badan dan Penyebabnya

Bau badan memang menjengkelkan, tidak saja bagi si penderita tapi juga orang-orang di sekitarnya. Masalah bau badan yang dialami banyak orang tentu akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan enggan bergaul. Meskipun tubuh telah menggunakan berbagai jenis deodorant atau parfum, tapi tak selamanya membantu menghilangkan bau badan. Bau badan disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri yang berkembang secara alami di permukaan kulit. Bakteri dapat berkembang biak ketika keringat muncul.

Menghilangkan Bau Badan

Keringat ini dihasilkan oleh 2 kelenjar di dalam tubuh :

  • Kelenjar Accrine yang berfungsi menghasilkan keringat bening, tidak berbau. Kelenjar ini ada di tangan, punggung dan dahi. Fungsinya untuk menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu.
  • Kelenjar Apocrine. Kelenjar ini letaknya lebih luas di dalam tubuh terutama di bagian tubuh yang memiliki perakaran rambut seperti ketiak, organ intim, dan di dalam hidung. Namun kelenjar ini lebih banyak terdapat di bagian ketiak.

Ada beberapa faktor pemicu bau badan, di antaranya adalah kegemukan. Orang gemuk umumnya memiliki pori-pori tubuh yang besar untuk memproduksi keringat lebih banyak. Keringat ini cenderung terperangkap di antara lipatan kulit. Peningkatan kadar hormon juga bisa menyebabkan bau badan. Peningkatan kadar hormon ini dilandasi oleh perkembangan usia terutama pada masa puber, monopouse, kelelahan fisik dan stress. Di samping itu  beberapa penyakit seperti diabetes juga menyebabkan bau badan.

Menghilangkan Bau Badan Dengan Herbal

Bila Anda sudah menggunakan deodoran atau parfum tapi masih mengalami bau badan, tak ada salahnya mencoba menghilangkan bau badan dengan cara yang lebih alami yakni dengan menggunakan Herbal. Ada pun herbal yang mampu mengusir bau badan adalah tanaman Beluntas (Pluchea Indica). Beluntas merupakan tumbuhan liar di daerah kering di tanah yang keras dan berbatu, merupakan tumbuhan perdu dan tumbuh tegak mencapai 2 meter atau lebih. Tumbuhannya bercabang banyak, berusuk halus, berambut lembut. Daunnya bertangkai pendek, letaknya berseling dan helaian. Tanaman ini secara tradisional telah digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya beberapa helai daun beluntas muda dikukus dan dimakan sebagai lalapan. Lalapan  daun beluntas ini  dikonsumsi secara rutin.