Sembelit yang Menggangu Kesehatan

Salah satu sistem organ paling besar di dalam tubuh manusia adalah sistem pencernaan. Sistem pencernaan terdiri dari berbagai organ penting yang berfungsi untuk menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta membuang racun yang ikut terbawa masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Karena fungsinya yang sangat komplek inilah sistem pencernaan manusia sering disebut sebagai otak kedua kesehatan tubuh kadang ditentukan dari sehat atau tidaknya organ pencernaan. Salah satu masalah pencernaan paling ringan yang biasa ditemui adalah sembelit atau susah buang air besar. Sembelit ini sangat mengganggu sebab perut menjadi terasa penuh dan kembung. Idealnya buang air besar harus dilakukan setiap hari. Namun jika terjadi masalah pencernaan, kadang seseorang bisa buang air besar dua atau tiga hari sekali. Walaupun sepele jika dibiarkan maka toksin di dalam usus akan menumpuk dan bahkan bisa menyebabkan radang usus atau kanker usus. Oleh karena itu jika Anda mengalami sembelit, praktekkan saja obat herbal sembelit yang terbukti ampuh melancarkan pencernaan.

Obat Herbal Sembelit

Ramuan Herbal untuk Melancarkan Buang Air Besar

Untuk mencegah sembelit Anda bisa mengkonsumsi banyak air serta mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti pepaya. Pepaya mengandung papain yang bisa melunakkan feses. Untuk pengobatan Anda bisa menggunakan beberapa obat herbal sembelit berikut ini:

  • Mengkudu mengandung senyawa morindon yang berkhasiat sebagai pencahar. Kandungan anti inflamasinya juga dapat membantu mengurangi resiko radang usus bagi penderita sembelit. Ambil 2 atau 3 buah mengkudu yang tidak terlalu matang lalu blender hingga halus. Tambahkan sedikit garam lalu saring hingga bersih. Minum ramuan ini dua kali sehari.
  • Obat herbal sembelit selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera merupakan pencahar alami yang sangat kuat. Karena sifat pencaharnya yang kuat maka Anda harus hati – hati mengkonsumsinya. Buang kulit dan cincang halus gel lidah buaya. Seduh dengan segelas air panas lalu tambahkan sesendok makan madu. Minum ramuan tersebut dua kali sehari. Tidak dianjurkan bagi penderita diare, wanita hamil dan haid.