Keputihan yang Sering Menyerang Kaum Wanita

Salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang kaum wanita adalah masalah keputihan. Adalah penyakit dimana vagina mengeluarkan cairan putih kental dengan bau yang tidak sedap. Keputihan biasanya disertai dengan rasa gatal. Secara medis ada dua macam keputihan yang biasa menyerang wanita, yang pertama adalah keputihan fisiologis yaitu keputihan yang biasanya menyerang pada saat masa subur atau pada masa menstruasi. Keputihan fisiologis biasanya cairan yang keluar sedikit, agak encer, dan tidak berbau menyengat. Keputihan yang kedua adalah keputihan patologis, adalah dimana cairan yang keluar sangat banyak, kental menyerupai susu, keju, atau kehijauan dengan bau yang tidak sedap. Penyebab keputihan biasanya adalah kelalaian dalam menjaga kebersihan area vital wanita sehingga bakteri menjadi mudah berkembang dan menginfeksi saluran vagina.

Keputihan

Keputihan merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi wanita apalagi bagi wanita yang sudah berkeluarga. Bau yang tidak sedap serta cairan kental yang mengganggu akan menyebabkan wanita menjadi kurang percaya diri. Untuk mengobati penyakit ini, Anda bisa menggunakan beberapa bahan herbal seperti :

  • Bawang Putih

Menurut seorang peneliti bernama M Melvin Joe dalam sebuah jurnal tanaman obat terkemuka, bawang putih bisa menggantikan peranan antibiotik kimia yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati berbagai macam peradangan dan infeksi bakteri termasuk penyakit ini. Bawang putih bisa Anda konsumsi secara langsung atau dihaluskan untuk diambil sarinya untuk kemudian diminum sebagai suplemen. Konsumsi bawang putih atau hasil ekstraknya sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

  • Daun Sirih

Daun sirih dikenal sejak dahulu kala sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi keputihan serta dipakai sebagai pembersih vagina. Daun sirih mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi infeksi bakteri dan iritasi. Cara membuat ramuan daun sirih sangat mudah, Anda hanya perlu merendam 4 hingga 5 lembar daun sirih dengan segelas kecil air panas. Diamkan rendaman tersebut lalu gunakan air rendaman daun sirih tersebut sebagai ramuan untuk membersihkan vagina Anda. Lakukan pembersihkan padapagi dan sore setiap selesai mandi.