Mencegah Kemandulan Harus Dilakukan Kedua Pihak

Menikah, walaupun tujuan utamanya bukan untuk memiliki anak tapi kehadiran anak adalah salah satu tujuan yang diharapkannya. Masalah ini begitu sensitif, apalagi jika pernikahan sudah bertahun-tahun. Memeriksakan diri ke dokter pun tidak dilakukan dengan berbagai macam alasan. Tidak ingin menerima kenyataan pahit apalagi jika kemandulan yang sering dikatakan kesalahan itu terletak pada Anda. Banyak kemandulan akhirnya menjadi penyebab perceraian atau menduanya pasangan. Tentu ini tidak diharapkan oleh pasangan manapun. Walaupun pada ujungnya jika ini terjadi merupakan takdir dari Tuhan, tapi Anda tetap harus berusaha karena siapa tahu Anda bisa merubah jalan hidup tersebut. Gigihnya usaha Anda dalam mencegah kemandulan ataupun mengobatinya sudah pasti akan berbuah manis. Asalkan Anda mengiringinya dengan doa yang tulus.

Mencegah Kemandulan

Mencegah kemandulan bisa Anda dan pasangan lakukan dengan introspeksi diri tentang gaya hidup. Gaya hidup yang salah dan tidak sehat akan membuat berat bahan Anda maupun pasangan berlebihan. Terlalu berlebih berat badan, ini akan mengganggu jalannya ovulasi. Jadi, usahakan berat badan Anda dan pasangan selalu normal, tidak berlebihan tapi juga tidak kurang atau terlalu kurus. Alihkan juga konsumsi makanan ke makanan yang organik. Makanan organik lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida maupun isektisida. Terlalu banyak makanan sayuran yang diberi obat pembunuh hama dan penyakit tanaman tersebut, hormon progesterone yang akan menumbuhkembangkan sel telur tersebut terganggu. Makannya pun polanya harus diatur, nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang bisa Anda dapatkan dari buah, sayur, dan kacang-kacangan harus diperbanyak. Kurangi asupan juga asupan lemak. Perbanyak waktu berdua bersama pasangan dengan meninggalkan semua urusan yang membuat Anda ataupun pasangan stress. Hormon tubuh jika stress maka tidak akan seimbang, ovulasi pun tidak akan berhasil.

Mencegah Kemandulan dengan Jamu

Sebagai orang Indonesia, mencegah kemandulan sejak dini bahkan dari sebelum menikah juga bisa Anda lakukan. Jamu, ramuan dari tanaman herbal ini wajib Anda konsumsi setidaknya sekali dalam seminggu. Pilih jamu yang diracik dari tanaman kunyit yang dicampur asam jawa. Jamu ini akan menjaga sistem reproduksi tetap sehat dan ketika menikah pun tidak akan bertemu gangguan apapun.