Masalah Persendian Yang Bisa Berakibat Fatal

Seiring bertambahnya umur seseorang maka secara otomatis akan semakin banyak penyakit yang bersarang di tubuh. Salah satu penyakit yang sering muncul pada usia – usia lanjut adalah penyakit rematik. Penyakit yang satu ini merupakan masalah radang persendian yang menyebabkan nyeri pada saat bergerak. Radang pada bagian persendian tersebut disebabkan oleh kesalahan sistem kekebalan. Sistem kekebalan yang sejatinya menyerang virus, bakteri, dan radikal bebas malah menyerang sel atau jaringan tubuh sendiri sehingga menyebabkan kerusakan dan peradangan. Sebanyak 90% penderita penyakit persendian ini adalah mereka yang berusia diatas 60 tahun. Jadi semakin tinggi usia seseorang, maka akan semakin rentan mereka terhadap penyakit rematik.

rematik

Pengobatan Rematik Dari Luar Dan Dalam

Untuk mengobati penyakit ini, Anda bisa memanfaatkan bahan – bahan herbal yang dapat dengan mudah ditemukan di dapur dan sekitar rumah. Pengobatan tradisional ini  bisa dilakukan dari dalam atau dari luar. Bahkan Anda bisa mengkombinasikan pengobatan dalam dan luar untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Untuk pengobatan luar obat herbal yang bisa Anda manfaatkan diantaranya adalah racikan cengkeh campur jahe serta daun gandarusa. Ramuan pertama yaitu jahe dan cengkeh bisa Anda racik dengan mengambil beberapa buah jahe dan satu genggam cengkeh. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga agak halus lalu balurkan ramuan tersebut di area yang sakit. Pengobatan ini bisa dilakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pengobatan luar selanjutnya adalah dengan menggunakan daun gandarusa. Tumbuk 20 gram daun gandarusa dengan 3 gram lada dan 5 gram kapur sirih hingga halus lalu oleskan di area persendian yang sakit.
  • Untuk pengobatan dari dalam Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan herbal. Yang pertama adalah kulit manggis. Kulit manggis berfungsi mencegah peradangan lebih parah karena kulit manggis mengandung senyawa anti inflamasi yang kuat. Jemur kulit manggis hingga kering lalu seduh kulit manggis kering tersebut dengan segelas air panas. Tunggu hingga air berubah warna dan minum ramuan tersebut 3 kali sehari.