Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan Anda mulai dari memilih makanan yang sehat hingga berolahraga secara teratur. Di lain pihak, ada banyak penyakit serta gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan kondisi kesehatan Anda menjadi menurun. Salah satu gangguan kesehatan yang cukup umum ditemui saat ini adalah varises yang merupakan gangguan pada pembuluh darah vena. Pada kondisi ini, pembuluh darah vena akan mengalami pembesaran atau pelebaran yang dapat menimbulkan rasa sakit pada area di mana pembesaran tersebut terjadi. Secara umum, gangguan pada pembuluh darah vena ini biasanya terjadi pada area kaki. Selain munculnya rasa sakit, kaki yang mengalami gangguan berupa pelebaran pembuluh darah vena akan menunjukkan adanya penonjolan otot pada bagian bawah permukaan kulit.

Varises

Gejala dan Penyebab Varises

Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai varises adalah penyebabnya. Pembesaran pembuluh darah vena yang terjadi pada kondisi ini merupakan pengaruh dari adanya peningkatan tekanan vena yang merupakan efek dari sindrom insufiensi vena. Adapun penyebab terjadinya kondisi ini adalah karena menurunnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh darah vena menjadi lemah dan menurunnya kemampuan pembuluh darah vena untuk mengalirkan darah menuju jantung. Kondisi ini juga menyebabkan terganggunya sirkulasi darah pada area kaki. Adapun gejala dari melebarnya pembuluh darah vena pada kaki antara lain berupa munculnya tonjolan otot pada kaki, kaki menjadi terasa berat, munculnya rasa nyeri dan gatal pada kaki, kram, serta kesemutan.

Ramuan untuk Mengatasi Varises

Secara umum, ada dua jenis ramuan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi varises yaitu ramuan untuk memijat serta ramuan untuk mengompres. Pemijatan pada area kaki yang mengalami pelebaran pembuluh darah vena terbukti dapat mengurangi gejala dari kondisi ini. Pada saat melakukan pemijatan, Anda bisa menggunakan ramuan yang terbuat dari campuran bawang putih, jeruk nipis, dan minyak zaitun. Pemijatan dilakukan selama 15 menit dengan arah pijatan melingkar hingga gejala pelebaran pembuluh darah vena menjadi berkurang. Sementara itu, untuk memaksimalkan pengobatan pada area yang mengalami pelebaran pembuluh darah vena, Anda bisa mengompres area tersebut dengan menggunakan ramuan yang merupakan campuran dari garam, sari jeruk lemon, dan air.