Virus Penyebab Terkenanya Penyakit DBD atau Demam Berdarah

Penyakit DBD atau demam berdarah dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti betina. Saat nyamuk betina yang sudah terinfeksi virus ini menggigit manusia, maka virus ini akan berpindah ke tubuh manusia tersebut dan orang tersebut bisa tertular DBD. Penyakit ini merupakan penyakit yang bila tidak mendapat penanganan secepat mungkin bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, tidak heran bila pencarian obat demam berdarah pada musim hujan menjadi semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penderita penyakit ini.

 Penyakit DBD atau Demam Berdarah

Pengenalan gejala dari DBD akan sangat membantu seseorang untuk bisa memberikan tindakan medis secepat mungkin dan sang penderita DBD bisa diberikan obat demam berdarah untuk mengatasi penyakit ini. Gejala DBD yang perlu diperhatikan adalah:

  • Demam selama 2 hingga 7 hari dengan pola tapal kuda
  • Munculnya bercak atau bintik merah di kulit
  • Rasa nyeri pada bagian otot tubuh
  • Rasa nyeri dibelakang mata
  • Sakit kepala

Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala ini. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan adanya penurunan trombosit dan jumlah sel darah putih, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut menderita DBD.

Jenis Pengobatan Tradisional untuk Penyakit DBD atau Demam Berdarah

Jenis obat demam berdarah yang bisa diberikan kepada penderita DBD juga sangat bervariasi. Pengobatan dengan bahan alami menjadi jauh lebih popular karena lebih aman, lebih murah dan lebih mudah didapatkan. Berikut ini adalah beberapa jenis pengobatan alami untuk penyakit DBD yang bisa dicoba:

  • Air rebusan daun jambu biji. Selama ini masyarakat lebih banyak mengenal buah jambu biji merah untuk pengobatan DBD. Namun menurut beberapa penelitian, air rebusan dari buah jambu biji atau klutuk justru lebih ampuh dibandingkan buahnya. Kemampuannya untuk meningkatkan produksi trombosit justru jauh lebih hebat dibandingkan buah jambu biji merah itu sendiri. Cara membuatnya yaitu dengan merebus 9 lembar daun jambu biji dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas dan air rebusan ini diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.
  • Sari kurma. Sari dari buah ini juga dipercaya mampu meningkatkan trombosit. Penderita DBD bisa meminum buah kurma yang sudah dibuat jus atau bisa juga dengan mengkonsumsi produk sari kurma yang banyak tersedia di pasaran