Hati-Hati Terserang Virus Penyebab Cacar Air

Siapapun juga bisa menderita penyakit cacar air, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, penyakit yang satu ini lebih umum terjadi pada anak-anak usia 3 sampai 8 tahun. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh serangan virus Varicella Zoster.  Penyakit ini sendiri merupakan penyakit menular yang dapat menular secara langsung maupun tidak langsung. Penularan terjadi bisa melalui sentuhan ataupun melalui udara.

 Penyakit Cacar Air

Bila tidak ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa menyebabkan kematian bukan karena penyakit ini sendiri melainkan lebih karena sistem kekebalan tubuh yang semakin menurun. Gejala awal dari penyakit cacar air adalah sakit kepala ringan, demam ringan, rasa lemas di badan dan pada akhirnya akan muncul benjolan-benjolan kecil yang berisi air yang muncul pada seluruh bagian tubuh mulai dari wajah, tangan, punggung, kaki, leher dan dada.

Cara Pengobatan Tradisional Penyakit Cacar Air

Pengobatan untuk penyakit cacar air ada yang bersifat medis ataupun tradisional. Untuk jenis pengobatan tradisional, Anda bisa mencoba beberapa ramuan berikut ini:

  • Jus buah mengkudu. Jus dari buah ini bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari
  • Daun pegagan. Daun pegagan dibuat jus kemudian dicampur dengan madu untuk dikonsumsi secara rutin
  • Membuat ramuan dari 3 gelas air, 25 gr temulawak, 15 gr asam jawa dan 15 gr kencur. Semua bahan tadi direbus hingga tersisa setengahnya dan kemudian air rebusan tadi diminum 2 hingga 3 kali sehari.
  • Untuk pemakaian luar bisa juga mempergunakan jagung muda yang diparut halus dan dipakai seperti bedak dingin. Selain membantu mempercepat keringnya luka, parutan jagung muda juga dapat membantu menghilangkan bekas luka sehingga bisa dipakai sejak luka cacar masih basah hingga sudah benar-benar kering
  • Kacang hijau. Kacang hijau bisa juga dipergunakan untuk menghilangkan bekas cacar yaitu dengan merendam kacang hijau semalaman hingga mengembang, kemudian kacang ini ditumbuk hingga halus.  Oleskan kacang hijau halus pada bekas cacar
  • Campuran dari daging asam jawa dan kunyit yang dicampurkan dengan minyak kelapa juga bisa dipergunakan sebagai obat luar untuk penyakit ini.