Penyebab Terjadinya Kolesterol Tinggi

Sejatinya kolesterol itu adalah salah satu komponen dalam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia  untuk membantu dalam proses pembangunan dinding sel, memudahkan pencernaan lemak dan juga membantu tubuh dalam proses pengeluaran beberapa jenis hormon seperti aldosteron dan testosteron. Namun, sama seperti berbagai hal lainnya, kadar kolesterol tinggi atau yang sudah melebihi batas aman akan menimbulkan resiko kesehatan tersendiri. Kadar kolesterol yang sudah berlebihan akan menempel pada dinding pembuluh darah yang bila dibiarkan akan menumpuk dan menghalangi peredaran darah ke berbagai aliran tubuh. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utama dari serangan jantung dan juga stroke yang sebenarnya terjadi karena asupan darah ke jantung dan otak terhalang oleh tumpukan kolesterol tadi.

Kolesterol Tinggi

Penyebab dari kolesterol tinggi itu sendiri terdiri dari faktor yang bisa dikontrol dan faktor yang tidak bisa dikontrol. Faktor keturunan dan faktor usia adalah salah satu faktor yang tidak bisa dikontrol namun secara umum, faktor yang lain terutama gaya hidup yang tidak sehat lebih sering ditemukan menjadi penyebab utama kondisi ini. Gaya hidup yang tidak sehat yaitu dengan konsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi secara berlebihan, kurang berolahraga, obesitas dan stress adalah pemicu atau faktor yang sebenarnya bisa dikontrol oleh setiap individu.

Pengobatan Tradisional untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Upaya pencegahan dengan menjalani pola hidup sehat sangat dianjurkan agar setiap individu bisa terhindar dari kondisi kolesterol tinggi yang bisa menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya lainnya. Namun bukan berarti tidak ada langkah pengobatan yang bisa dilakukan, termasuk diantaranya pengobatan dengan menggunakan bahan herbal seperti:

  • Temulawak. Bumbu masak yang satu ini dapat dipergunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara merebus 30 gr temulawak yang sudah dipotong-potong dicampur dengan 15 gr daun dewa dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Air rebusan kemudian disaring dan dikonsumsi sekali sehari
  • Konsumsi makanan berserat tinggi untuk membantu penyerapan kolesterol dan memudahkan proses pembuangannya
  • Daun salam dan daun ceremai. Dalam 3 gelas air rebuslah 300 gr daun ceremai dan 7 lembar daun salam hingga tersisa setengahnya. Air rebusan kemudian dikonsumsi secara teratur