Masalah Ketombe Yang Tidak Berbahaya Namun Sangat Menggangu

Ketombe merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang yang memiliki rambut di kepalanya. Bahkan di beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi rambut, kadang kita juga bisa menemukan masalah yang satu ini. Masalah rambut yang diberi nama medis dermatitis ini disebabkan oleh bekas kulit kepala yang telah mati. Seperti yang telah kita ketahui, setiap hari rambut manusia terus beregenerasi dengan merontokkan beberapa helai rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih muda. Regenerasi ini juga menyebabkan terjadinya pergantian kulit kepala sehingga kulit kepala yang telah mati akan mengelupas dan rontok dengan sendirinya.

Ketombe

Mengatasi Ketombe Dengan Cara Yang Simpel

Tidak perlu menggunakan produk perawatan rambut dengan harga ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah hanya untuk mengatasi masalah ketombe. Sekarang sudah ada cara – cara sederhana dalam mengatasi masalah yang satu ini beberapa diantaranya adalah:

  • Anda bisa menghilangkan dermatitis dengan menggunakan cuka. Cuka berfungsi membersihkan sel kulit mati dan membuka pori – pori kepala sehingga pertumbuhan jamur bisa ditekan. Jamur yang menjadi akibat dari banyaknya sel kulit mati memang menjadi masalah yang akan timbul jika masalah dermatitis diabaikan. Cara mengaplikasikan obat cuka ini sangat mudah. Pilih cuka apel lalu tuang cuka apel tersebut sebanyak setengah cangkir. Tambahkan air hangat secukupnya dan gunakan larutan cuka apel tersebut sebagai shampoo. Pijat – pijat dengan lembut kulit kepala Anda selama beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Jangan membilasnya dengan menggunakan shampoo karena malah akan melarutkan cairan cuka apel. Biarkan selama 8 hingga 12 jam baru Anda boleh membilas dengan shampoo. Perawatan ini bisa Anda lakukan setiap minggu.
  • Cara lain untuk menghilangkan ketombeadalah dengan baking soda. Baking soda bisa bertindak sebagai fungisida yang bisa menyingkirkan jamur serta bisa membantu pengelupasan sel kulit mati. Larutkan satu sendok makan baking soda dengan satu cangkir air hangat lalu aduk dengan perlahan hingga tercampur dengan baik. Gunakan cairan baking soda ini sebagai pengganti shampoo biasa dan Anda akan merasakan perbedaannya setelah menggunakan shampoo baking soda ini selama beberapa hari.