Penyakit Batuk yang Sangat Menggangu

Batuk merupakan penyakit yang umum dijumpai di masyarakat sama seperti pilek, flu, maag, atau sakit kepala. Batuk sendiri merupakan sebuah mekanisme pembersihan saluran tenggorokan dari berbagai benda asing seperti lendir berlebih, debu, kuman, alergi, dan lain sebagainya. Sakit Batuk ditandai dengan rasa gatal di tenggorokan yang mengganggu. Sakit Batuk dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya adalah batuk kering, batuk berdahak, batuk rejan, batuk asma, batuk bronchitis, dan lain sebagainya. Meskipun saat ini ada banyak sekali obat batuk kimia yang bisa Anda peroleh dengan mudah di pasaran, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba pengobatan batuk dengan menggunakan bahan – bahan alami.

Sakit Batuk

Pengobatan Batuk dengan Bahan Alami

Terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia tidak baik bagi kesehatan. Jika hanya untuk mengobati penyakit ringan seperti batuk, Anda bisa menggunakan obat – obatan herbal yang bahannya bisa diperoleh dengan mudah di sekitar rumah. Berikut ini adalah beberapa obat herbal untuk sakit batuk:

  • Jeruk Nipis

Ramuan tradisional anti batuk yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah campuran antara jeruk nipis dengan madu atau jeruk nipis dengan kecap. Cara pengobatannya sangat sederhana. Anda bisa mencampur satu sendok makan perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan kecap lalu minum 3 kali sehari. Atau Anda bisa mencampurkan satu sendok makan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu lalu minum 3 kali setiap hari.

  • Teh jahe

Inilah ramuan pengobatan sakit batuk yang tidak hanya berkhasiat namun juga bisa menjadi minuman yang menyegarkan dan enak. Campur satu cangkir teh panas dengan beberapa butir jahe yang telah dimemarkan. Biarkan selama beberapa menit hingga air teh menjadi hangat. Minum ramuan ini 3 kali sehari dan rasakan sendiri khasiatnya.

  • Jahe kencur

Untuk mengobati penyakit batuk berdahak, Anda bisa menggunakan campuran jahe dengan kencur. Parut kedua bahan ini hingga halus lalu rebus dengan air hingga mendidih. Air rebusan tersebut bisa diminum selagi masih hangat 3 kali sehari untuk meredakan batuk berdahak.