Proses Pengeluaran Racun yang Penting Bagi Tubuh

Tanpa disadari, setiap hari manusia memasukkan berbagai macam racun ke dalam tubuh. Racun ini bisa berasal dari makanan, obat – obatan, suplemen, polusi dan lain sebagainya. Racun – racun yang berasal dari bahan kimia, sisa metabolisme, dan radikal bebas ini biasanya akan dibuang melalui beberapa sistem pembuangan seperti feses, keringat, urine, dan pernafasan. Namun seiring bertambahnya umur, sistem pembuangan racun di dalam tubuh akan kewalahan dalam membuang racun yang semakin menumpuk. Ditambah lagi dengan pola hidup tidak sehat yang dilakukan dan kurangnya olahraga. Bukan tidak mungkin tumpukan racun  tersebut akan menimbulkan penyakit yang mengancam kesehatan Anda.

Detoks

Bebas dari Racun dengan Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah cara yang banyak dipakai dan disarankan oleh praktisi kesehatan jika Anda ingin membuang racun dari dalam tubuh Anda. Melakukan detoks bertujuan untuk memaksimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips detoksifikasi alami yang bisa Anda praktekkan di rumah :

  • Minum air putih

Sebanyak 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan berfungsi sebagai pembilas racun dan mengoptimalkan sistem imun dalam tubuh manusia. Oleh karena itu Anda harus selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi setidaknya 1 liter air setiap harinya.

  • Puasa

Puasa merupakan salah satu cara ampuh yang dianjurkan oleh dunia kedokteran jika Anda ingin mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Selama puasa, tubuh akan berhenti memproses makanan dan akan lebih fokus pada pembersihan diri. Puasa ramadhan yang dilakukan oleh umat islam bisa menjadi momen yang penting untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasikan dengan puasa sunah diluar bulan ramadhan.

  • Jus buah – buahan dan sayuran

Salah satu detoksifikasi yang dianjurkan adalah dengan berhenti mengkonsumsi makanan lain kecuali jus buah dan sayuran tanpa ditambah gula atau bahan – bahan lainnya. Anda bisa melakukan proses detoks ini sehari dalam seminggu. Pilih satu hari dimana Anda tidak mengkonsumsi makanan lain kecuali jus buah dan sayuran.