Penyebab Anemia Yang Perlu Diketahui

Anemia merupakan suatu kondisi saat jumlah sel darah merah atau hemoglobin dibawah normal. Sel darah ini yang bertugas sebagai media yang membawa oksigen dari paru-paru dan menghantarkannya ke seluruh tubuh. Seseorang yang mengalami anemia mudah mengalami penurunan kondisi secara fisik seperti cepat lelah, kurang bergairah, konsentrasi menjadi lemah, selera makan menurun, sering mengalami kepala pusing, sesak napas, mudah kesemutan, detak jantung berdebar atau jantung dengan cepat memompa darah dan gejala lain yang mudah sekali terlihat secara fisik. Timbulnya anemia dapat disebabkan pola makan yang salah, makan tidak teratur dan tidak menyeimbangkan kecukupan sumber gizi yang dibutuhkan tubuh, terutama kurangnya makanan yang mengandung zat besi. Zat besi mudah diperoleh dari macam-macam sayuran hijau, buah dan nasi sekitar 1 persen yang mudah diserap oleh tubuh, dari ikan 14 persen. Zat besi merupakan senyawa penting penyusun hemoglobin. Tubuh membutuhkan sekitar 1-3,2 mg perhari.

Pengobatan Anemia

Anemia dapat juga terjadi pada orang yang mengeluarkan banyak darah atau perusakan sel darah merah yang lebih cepat dibandingkan dengan keadaan normal. Kekeurangan darah dapat diatasi dengan transfusi darah. Anemia dapat disebabkan karena tubuh kekurangan ion besi atau vitamin B12. Anemia seperti ini disebut anemia pernisiosa. Selain itu, anemia ada yang  bersifat mematikan yaitu anemia sel sabit (sickle cell anemia) dan thalasemia. Thalasemia merupakan penyakit yang terjadi dimana sel darah merah berbentuk lonjong, berukuran kecil dan lebih banyak jumlahnya bila dibandingkan dengan darah orang normal. Sel darah merah tersebut memiliki daya ikat terhadap oksigen yang rendah, sehingga penderita Thalasemia dapat kekurangan oksigen

Pengobatan Anemia secara Cepat Dan Alami

Pengobatan anemia bisa dengan cara memakan makanan yang mengandung zat besi. Zat yang mengandung zat besi dapat berupa sayuran seperti buncis, bayam, kangkung dan kacang-kacangan. Mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung zat besi dapat mengatasi anemia. Cara cepat mengobati anemia adalah dengan mengkonsumsi daging terutama daging merah misalnya daging sapi. Hal ini karena zat besi yang ada pada daging lebih mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi yang berasal dari sayuran.