Panu, Penyakit Kulit yang Menggangu

Menjaga kebersihan tubuh adalah sebuah hal yang sangat penting sebab jika kita lalai dalam membersihkan tubuh, maka bukan tidak mungkin ada banyak sekali penyakit kulit yang bersarang di tubuh kita. Salah satu penyakit kulit yang biasa menyerang kulit tubuh manusia adalah panu. Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Kulit yang lembab dan kotor menjadi tempat berkembang yang sangat disukai oleh jamur. Biasanya panu ditandai dengan bercak putih yang sangat gatal. Infeksi jamur ini memang tidak berbahaya sebab hanya menyerang permukaan kulit saja. Namun penyakit panu ini sangat mengganggu dikarenakan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Penyakit Panu

Berbagai Pengobatan Alami untuk Mengatasi Panu

Panu bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan – bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah di sekitar rumah. Berikut ini adalah beberapa bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit panu:

  • Lengkuas

Bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa dipakai sebagai obat herbal untuk mengusir panu. Caranya adalah dengan memilih lengkuas yang memiliki kandungan air banyak lalu belah lengkuas untuk kemudian dioleskan di bagian tubuh yang terkena panu. Pengobatan ini dilakukan secara teratur 2 hingga 3 kali dalam satu hari. Lakukan pengobatan ini hingga panu di tubuh Anda lenyap.

  • Belimbing

Buah bintang ini selain enak dimakan ternyata juga mengandung vitamin C tinggi yang bisa berperan aktif dalam membunuh jamur dan bakteri penyebab penyakit panu. Campur belimbing dengan kapur sirih lalu oleskan pada bagian kulit Anda yang diserang panu. Lakukan pengobatan ini 2 hingga 3 kali sehari dan jangan berhenti hingga panu benar – benar lenyap.

  • Belerang

Belerang merupakan mineral alami yang berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit termasuk panu. Kandungan mineral pada belerang bisa membantu membunuh kuman, bakteri, dan jamur yang menjadi penyebab utama penyakit panu. Cara membuat ramuannya adalah dengan menumbuk belerang hingga halus lalu campur tumbukan belerang tersebut dengan minyak kelapa serta air jeruk nipis secukupnya. Oleskan ramuan belerang tersebut pada bagian kulit yang terkena panu dan ulangi 3 kali setiap hari hingga panu di tubuh Anda hilang.