Penyebab Tumit Pecah-Pecah

Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang memiliki fungsi melindungi permukaan tubuh. Karakter kulit berbeda-beda tergantung dari pada area tubuh mana kulit tersebut berada. Di lain pihak, kulit juga dapat mengalami berbagai masalah yang bisa mengurangi fungsi serta keindahan kulit. Masalah kulit cukup beragam mulai dari jerawat, flek hitam, bahkan hingga kulit kering. Salah satu bagian tubuh yang memiliki resiko mengalami masalah kulit adalah tumit. Jenis masalah kulit yang biasanya timbul di area tumit adalah tumit pecah-pecah yang biasanya juga disertai dengan rasa gatal dan kaku yang muncul pada permukaan kulit. Untuk mengetahui cara mengatasi masalah kulit yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Tumit Pecah-Pecah

Ada berbagai hal yang bisa dianggap sebagai penyebab terjadinya tumit pecah-pecah serta masalah kulit lainnya pada area tumit dan telapak kaki. Salah satu penyebab utama gangguan kulit ini adalah kebiasaan berdiri terlalu lama tanpa mengenakan alas kaki pada permukaan lantai yang keras dan kasar. Interaksi langsung antara permukaan kulit dengan permukaan kasar akan meningkatkan resiko kulit kering serta pecah-pecah pada tumit serta telapak kaki. Selain itu, cara berjalan seseorang juga dianggap dapat menjadi pemicu terjadinya masalah kulit yang satu ini. Faktor lain yang bisa menyebabkan kulit pada area tumit menjadi kering dan pecah-pecah adalah kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan akan menyebabkan tekanan pada tumit menjadi semakin besar. Selain itu, kondisi medis tertentu seperti diabetes juga dianggap dapat memicu kulit kering serta pecah-pecah pada tumit.

Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tumit pecah-pecah serta masalah kulit pada telapak kaki lainnya. Salah satu cara mengatasi kulit yang pecah-pecah pada area tumit adalah dengan menggunakan ramuan herbal. Salah satu ramuan herbal yang cukup efektif untuk mengatasi kulit pecah-pecah pada area tumit adalah ramuan getah batang kamboja. Mengoleskan getah batang kamboja pada bagian kulit yang pecah-pecah secara rutin akan mengembalikan kulit pada kondisi normal. Selain getah batang kamboja, ramuan herbal lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah ramuan daun rosela. Anda juga bisa mengoleskan pisang yang telah dihaluskan pada area kulit yang pecah-pecah untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini.